Apa itu Sistem Operasi

     Sistem operasi merupakan perangkat lunak pada sistem komputer. Pada saat sekarang ini sistem operasi pada komputer berkembang sangat cepat sejak ditemukannya sistem operasi dengan antarmuka berbasis text. DOS ( Disk Operating system ) merupakan sistem operasi berbasis text yang jarang dipakai pada saat sekarang ini karena manusia lebih menyukai sistem operasi dengan antarmuka berbasis grafik (GUI). Contoh Sistem operasi yang terkait dengan DOS adalah MS DOS (Microsoft), Novell DOS, ROM Dos, IBM PC DOS, DR DOS, Free DOS, PTR DOS, OPEN DOS, Caldera DOS dan lain-lain.
DOS mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

·                     Antarmuka berbasis teks atau perintah
·                     Tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna disebut prompt
·                     Single tasking yaitu hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu
·                     Menjalankan processor dengan real mode
·                     Single User yaitu hanya dapat digunakan oleh satu pengguna dalam satu waktu.
Saat ini sistem operasi DOS sangat jarang kita jumpai karena kebanyakan orang lebih menyukai sistem operasi berbasis GUI seperti microsoft windows, Linux dan Mac OS.

-WINDOWS
Pada dasarnya pengertian windows adalah jendela. Jika mengacu pada dunia komputer, pengertian windows adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan sotware komputer bernama microsoft. Sesuai dengan namanya, sistem operasi windows juga mempunyai logo yang mirip dengan jendela.
Jenis Windows / Macam Windows
Generasi pertama Windows bernama Windows 3.0, yang kemudian disusul denganWindows 3.1. Tampilan Windows generasi ini masih sangat sederhana dan benar-benar berbeda dengan Windows yang kita kenal sekarang.
Setelah Windows 3.1 berhasil, dibuatlah versi penerusnya yaitu Windows 95. Kalau tampilan Windows 3.1 masih dalam bentuk kotak, tampilan Windows 95 sudah mulai atraktif.
Windows 98 ini adalah salah satu versi Windows yang laris dan terkenal karena stabil dan bisa digabungkan dengan berbagai hardware. Versi Windows 98 ini dikeluarkan untuk pertama kali pada tahun 1997.
Windows Me adalah singkatan dari Windows Millenium. Sesuai dengan namanya, Windows versi ini dikeluarkan pada pertengahan tahun 1999; untuk menyambut milenium baru. Windows Me adalah penerus Windows 98 yang memiliki fasilitas dan kemampuan yang lebih baik, tapi tampilannya tidak berbeda jauh dengan Windows 98.
Windows 2000
Windows 2000 adalah versi Windows yang dibuat untuk komputer yang bekerja dengan sistem jaringan, sehingga komputer itu gampang bertukar data dengan komputer lain. Selain itu, Windows 2000 juga dilengkapi dengan tingkat keamanan yang baik karena diatur oleh administrator. Jadi, setiap user (pengguna) komputer bisa memiliki account dan hak akses pribadi untuk mengakses komputer.
Windows XP
Windows XP adalah jenis Windows yang paling terkenal saat ini. XP adalah singkatan dariExperience, yang berarti “pengalaman”. Dinamakan seperti itu karena tampilan dan kemampuan Windows XP benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan versi pendahulunya. Dengan Windows versi ini, kita diharapkan bisa mendapatkan pengalaman baru dan ‘pastinya’ juga kemudahan-kemudahannya.
Windows 2003
Windows 2003 adalah versi update dari Windows 2000 yang mendukung kerja komputer dengan sistem jaringan dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
Windows Vista
Versi ini merupakan versi yang kurang begitu populer.
Windows 7
Windows 7 adalah sistem operasi keluaran microsoft berikutnya.
Windows 8
windows 8 adalah sistem operasi paling akhir yang dikeluarkan oleh microsoft. Jika sebelumnya logo windows begitu semarak, maka pada windows 8 ini logonya dibuat menjadi lebih sederhana. Hanya saja, dari pengamatan penulis, versi windows 8 ini sudah mulai di rilis di beberapa tempat, ternyata banyak yang masih menggunakan windows XP sebagai sistem operasi di komputernya. Sebagian orang bahkan berpendapat, kalau windows XP saja masih berjalan bagus, ngapain di upgrade. Begitu mungkin pendapat sebagian orang ini. 
 -LINUX
    pengertian linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan untuk memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.
lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.
linux saat ini telah berkembang menjadi banyak distro (distribusi linux), misalnya adalah distro Redhat, Debian, Suse. saat ini distro linux yang sangat populer di gunakan di indonesia adalah distro Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Apa itu Sistem Operasi"

Posting Komentar